Menuai Berkah Bulan Ramadhan Ditengah Pandemi Virus Corona

Menuai Berkah Bulan Ramadhan Ditengah Pandemi Virus Corona

masrofiq.com
09/04/20


masrofiqcom - Berkah bulan rajab telah kita lalui dan bulan sya'ban telah kita jalani. Tak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan ramadhan. Pernak pernik ramadhan segera kita temui dan jajanan leberan seperti nastar dan aneka kue kering akan kita jumpai. Namun kali ini kita harus menjalani ibadah puasa ramadhan dengan suasana berbeda, seiring dengan adanya wabah pandemi virus corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 19).

Semenjak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah virus corona sebagai pandemi global. Kehidupan di dunia semakin berubah, banyak negara mulai menerapkan social distancing atau pembatasan sosial dengan menghindari kerumunan masa dan tetap tinggal #dirumahaja. Selain itu diberbagai belahan dunia banyak menerapkan lockdown atau pembatasan pergerakan manusia dalam suatu wilayah, termasuk membatasi lalu lalang manusia dan menutup akses keluar masuk warganya. Semua ini hanyalah untuk mencegah penyebaran wabah dan menjaga diri agar tidak terjangkit virus corona.

Dalam keadaan seperti ini, tentu tidak mengurangi kegembiraan kita dalam menyambut bulan suci ramadhan dan hari raya Idul Fitri, karena kita tahu bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh dengan berkah, sedangkan idul fitri adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga dan saling maaf memaafkan antar umat manusia. Ini merupakan momentum untuk memaksimalkan dalam beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mendapatkan ampunan dan keberkahan. Selain itu, kita dirumah juga bisa lebih produktif dalam melakukan banyak hal dan tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam menjalankan ibadah bulan ramadhan ditengah pandemi virus corona, karena kita tidak harus berdiam diri dirumah tanpa melakukan hal-hal yang positif dan produktif. Berikut ini ulasan agar ramadhan kita tetap produktif dan mendapatkan keberkahan.

1. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani

Ditengah maraknya penyebaran virus corona, sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga pola makan, lingkungan dan olahraga. Dengan hidup sehat tentu akan membuat hidup menjadi produktif dan bisa menjalankan ibadah dengan lancar.

Hidup sehat tidak cukup hanya sehat secara fisik saja, tetapi juga perlu sehat rohaninya, karena kesehatan rohani juga menjadi kunci sehat atau tidaknya seseorang. Kesehatan rohani merupakan kesehatan jiwa, akal dan pikiran manusia. Mulailah dengan menyiapkan hati yang suci untuk menyambut ramadhan dengan maksimal den menyiapkan Idul Fitri dengan membuka pintu maaf bagi setiap orang.

Selain itu, menjaga kesehatan merupakan bentuk dari upaya penanggulangan dan pencegahan dari berbagai macam penyakit. Sedangkan untuk menghindari menyebarnya virus corona hendaknya mengurangi bepergian jauh dan beraktivitas di tempat umum, sering mencuci tangan dengan hand sanitizer atau dengan menjaga wudhu, ini merupakan keberkahan bagi bisa beribadah wudhu disetiap waktu dan tidak disaat akan menjalankan ibadah sholat.

2. Berbagi kebaikan dan memperbanyak ibadah

Bulan ramadhan merupakan kesempatan yang besar bagi umat muslim untuk memperbanyak amal baik, karena dibulan ramadhan setiap orang yang melakukan kebaikan pahalanya akan dilipatkan gandakan. Ini merupakan motivasi bagi kita agar bisa meningkatkan ibadah dengan memperbayak dzikir, sholawat, bersedekah, membaca al-Qur’an dan ibadah-ibadah lainnya.

Ditengah pandemi virus corona, selayaknya kita bisa memaksimal beribadah dirumah, selain itu juga bisa mengajarkan anak-anak untuk berpuasa dan belajar al-Qur’an. Disisi lain kita juga bisa membantu orang-orang yang terkena dampak virus corona dengan meringankan beban mereka. Seperti halnya memberikan sembako, bahan makanan, kebutuhan kesehatan hingga hal kecil seperti memberi makan orang yang berpuasa. Dengan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan tentu dapat meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama manusia.

3. Melakukan hal-hal yang produktif

Tidak hanya ibadah saja yang perlu kita tingkatkan dibulan suci ramadhan ini, namun disaat menjalankan puasa dirumah kita juga harus tetap bisa produktif dan tidak bermalas-malasan. Masih ada banyak hal yang bisa dilakukan saat dirumah, seperti halnya dengan membuat berbagai jajanan ramadhan atau jajan lebaran.

Kita tahu disaat ramadhan tiba dan menjelang datangnya Idul Fitri banyak sekali dijumpai jajanan lebaran. Mungkin ini menjadi kesempatan untuk membuat berbagai jajan lebaran seperti aneka kue kering khas lebaran, seperti nastar, kaasstengels, hingga kue putri salju. Cara membuat nastar sendiri bisa dibilang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Selain membuat berbagai kue kering khas lebaran seperti nastar, ada satu hal yang bisa kita lakukan agar ramadhan kita produktif dan penuh dengan berkah, dimana kita bisa menghias toples tempat kue kering menjadi lebih menarik dan unik, dengan membuat toples lebaran yang cantik tentu akan menjadi daya tarik bagi siapa saja yang melihatnya.

Semua itu bisa dilakukan dirumah dan bisa mendapatkan nilai ekonomi bagi keluarga, selain itu juga bisa kita berikan kepada keluarga dan saudara, atau bisa dijadikan sebagai hadiah kepada teman dan bisa kita bagikan kepada mereka yang terdampak virus corona. Bagi yang belum bisa membuat berbagai olahan kue kering khas lebaran dan menghias toples leberan cantik, tetap masih bisa mendapatkannya ditoko-toko terdekat atau toko online, karena dimomen ramadhan seperti ini pasti banyak diskon dan promo diberbagai toko online.

Seperti halnya di Tokopedia kali ini menggelar sejumlah event seru dan kejutan seperti promo bebas ongkir sepuasnya, diskon dan cashback hingga kesempatan memenangkan hadiah menarik.

Penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up Ovo untuk transaksi belanja online lebih praktis!